Rahasia! Ini 3 Cara Jitu Bikin Merdeka Produk Indonesia

Rahasia! Ini 3 Cara Jitu Bikin Merdeka Produk Indonesia

Gue sempet kerja di usaha homemade kecil-kecilan sewaktu lulus SMK tahun 2011 lalu. Kerjaannya ngedit foto sepatu dan tas yang terbuat dari eceng gondok buat dicetak di katalog. Gue kerja sekitar 2 bulan buat ngisi waktu libur sebelum masuk kuliah. Baru aja 2 hari lalu gue kontak mantan bos, tanya kabar sekalian ngobrol. Ternyata si bos udah engga jalanin usaha itu, peminatnya berkurang karena kalah saing dengan sepatu dan tas impor yang dijual online. Tiba-tiba gue ngerasa belum merdeka produk Indonesia tuh.

Gak bisa dipungkiri memang guys, internet di Indonesia itu berkembang pesat. Berdasarkan info dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pengguna internet di Indonesia ada sebanyak 143,26 juta orang di tahun 2017. Itu artinya udah sebagain rakyat Indonesia menggunakan internet. Sebagain besar dari penggunanya itu mengakses internet melalui smartphone atau tablet dibanding komputer atau laptop.

 

merdeka produk Indonesia
Penetrasi Pengguna Internet. Sumber: APJII

 

Ternyata ada 26,48% penggunanya mengakses internet lebih dari 7 jam. Lanjut 29,63% pengguna mengakses internet dalam kurun waktu 4-7 jam dan sisanya 43, 89% pengguna mengakses internet hanya 1-3 jam. Kalian tau guys? Kalau aplikasi chatting jadi layanan yang diakses paling banyak (termasuk kita nih). Presentasinya gak tanggung-tanggung, sampai 89,35%. WOW!

 

merdeka produk Indonesia
Durasi Penggunaan Internet. Sumber: APJII

 

Ada 32,19% pengguna mengakses internet untuk belanja online produk apapun seperti fashion, makanan hingga kebutuhan travel. Dengan presentasi seperti itu, nilai transaksi online melalui e-commerce bahkan mencapai 85 triliun di 2017 menurut Bank Indonesia. Sudah terjadi peningkatan 10 triliun dari tahun 2016 saat transaksi e-commerce mencapai 75 triliun.

 

merdeka produk Indonesia
Layanan yang diakses. Sumber: APJII

 

Unfortunately guys, fakta mengatakan cuma ada sekitar 6-7% aja produk lokal yang dijual online di Indonesia dan sisanya itu merupakan produk impor. Setelah tau fakta ini, akhirnya gue ngerti kenapa si bos udah gak jalanin usaha tas dan sepatu homemade-nya lagi.

Based on true facts di atas, menurut gue produk impor yang dijual online itu pasti karena peminatnya lebih banyak. Iya sih, pasti banyak banget sampe sebagian besar penjualnya menawarkan produk impor. Entah karena image pake barang branded impor punya jadi lebih keren, mevvah, mahal, berkelas, whatever you name it.

Atau bisa jadi, seseorang beli produk impor itu mungkin karena harganya lebih kompetitif, produknya lebih awet, desainnya lebih menarik, atau karena ikut-ikutan trend yang sedang hits. Produk-produk impor masuk melalui banyak e-commerce terlebihnya online market place. Biasanya pasar akan mengikuti trend yang sedang hits seperti baju-baju Korea yang sering digunakan oleh artis-artisnya, atau tas yang digunakan oleh influencer, bisa juga sepatu yang dipakai oleh public figure.

Hal ini memang gak bisa kita hindari, trend bisa masuk melalui banyak media seperti TV, Radio, media sosial, search engine, artikel hingga email milik kita pribadi. Sampai-sampai kita akan terpengaruh dengan hal yang kita lihat berkali-kali. Karena hal itu, produk lokal jadi tersingkir bahkan cuma sedikit orang yang lirik. Kita sampai lupa kalau produk lokal memiliki kualitas yang sama, bahkan lebih. Gimana mau merdeka produk Indonesia kalo kaya gini terus?

 

merdeka produk Indonesia
Produk lokal Indonesia. Sumber: IG @qlapa

 

Kejadian di atas mungkin bisa gue sebut sebagai penjajahan belanja online. Ketika produk impor jauh lebih banyak dijual di pasaran dibanding produk lokal, produk Indonesia sendiri. Sedih’kan, barang ciptaan produsen lokal bahkan kurang diminati oleh warganya sendiri 🙁

 

merdeka produk Indonesia
Gelang handmade. Sumber: IG @qlapa

 

Sebetulnya gak sedikit produsen produk lokal, guys! Ada banyak cuma mungkin di antara mereka belum mengenal cara pemasaran online. Jadi mereka masih memasarkan secara offline melalui toko-toko kecil atau jual dari pabriknya langsung. Jadi ya, nunggu konsumennya dateng sendiri, bukan dijemput. Gue kalo diajak pergi tapi gak dijemput aja gak mau lho, males! Eh.

 

merdeka produk Indonesia
Pengrajin sepatu lokal. Sumber: IG @qlapa

 

Padahal nih ya produk Indonesia itu gak kalah menarik, produk-produknya punya desain yang gak kalah menarik dan elegan. Harganya bisa lebih hemat karena gak perlu bayar ongkir yang mahal karena pengiriman jarak jauh. Kita harus bantu produk Indonesia supaya bener-bener merdeka dari penjajahan belanja online, guys! Karena ada banyak hal positif kalau kita semua cinta produk lokal. Serius gue! Jadi ada 5 manfaat yang kita dapet kalau kita cinta produk Indonesia. Ini dia nih!

1. Produk lokal meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat

Dengan membeli produk lokal berarti kita meningkatkan produksi dalam negeri. Kalau produk lokal banyak dicari orang, maka produsen membutuhkan tenaga kerja yang banyak jadi pengangguran akan berkurang. Berkurangnya pengangguran karena lapangan pekerjaan yang bertambah efeknya bisa mengurangi angka kriminalitas juga kemiskinan. Which is pencopetan, perampokan dan kawan-kawannya juga pasti berkurang.

Eits, gak menutup kemungkinan juga jumlah investor di Indonesia akan bertambah. Makin banyak investor, makin banyak budget untuk mengembangkan usaha juga. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi ini pastinya bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita juga. Ayo guys bantu merdeka produk Indonesia dengan membeli produk lokal!

 

2. Menggunakan produk lokal membuat kita tampil lebih unique

merdeka produk Indonesia
Tas Rotan yang fashionable. Sumber: IG @qlapa

Setelah membeli produk lokal, jangan lupa untuk digunakan ya! Misalnya nih, gue sempet beli tas rotan waktu main ke SKI Katulampa Bogor. Gue ngerasa pas foto OOTD keliatan lebih unique karena gue pake tas ini. Tasnya beda dan unik. Jangan malu ya guys buat pakai produk lokal apa lagi menunjukkannya pada dunia!

 

3. Menggunakan produk lokal menunjukkan eksistensi Indonesia di mata dunia

merdeka produk Indonesia
Batik Indonesia yang elegan. Sumber: IG @qlapa

Dulu gue sempet kerja kantoran, ketemu client bule dan dia pake batik pas meeting. Gue surprise banget karena jarang liat bule pake batik. Mereka suka dan happy pake produk lokal Indonesia. Nah, bule aja pake produk lokal, masa kalian enggak?

 

4. Produk lokal itu ramah lingkungan

Iya, ramah lingkungan, asli! Misalnya nih Durian Montong Bandung dan Durian Montong Bangkok. Proses pengiriman Durian Montong Bandung ke Jakarta butuh lebih sedikit bahan bakar dibandingkan mengirim Durian Montong Bangkok karena jarak Bandung ke Jakarta jelas lebih dekat dari pada Bangkok ke Jakarta. Jadi lebih irit bensin buat ngirim barang, shay!

 

5. Produk lokal diakui dan dicintai orang luar negeri

Seperti halnya Eiger yang mengeluarkan tas untuk mendaki gunung dan aksesoris lainnya untuk traveler, Ouval Research dengan produksi kaos dengan print unik yang memiliki street style dan berjiwa muda, sampai Matoa yang memproduksi jam tangan dari kayu. Ketiga brand ini sangat terkenal di luar negeri, bahkan banyak repeater buyer yang selalu setia membeli produk lokal Indonesia ini.

 

Nah, sekarang gimana cara kita berpartisipasi untuk bantu merdeka produk Indonesia?

Ada 3 cara jitu yang menurut gue bisa kita lakuin dengan mudah dan pastinya juga bisa dukung merdeka produk Indonesia, penasaran? Ini dia nih!

 

1. Menggunakan produk Indonesia sebagai kebutuhan sehari-hari

merdeka produk Indonesia
Pot rotan untuk pemanis ruangan. Sumber: IG @qlapa

Setiap harinya kita pasti makan dan berpakaian. Nah, mulai dari yang kecil-kecil aja dulu guys, kita makan nasi, buah dan sayur produksi petani lokal. Berpakaian juga sama, misalnya pakai batik ke kantor, kampus atau ketika kondangan. Demikian juga dengan aksesorisnya seperti tas, sepatu, jam tangan hingga perhiasan, kita bisa memilih produk Indonesia untuk kita gunakan setiap saat. Begitu juga produk home living yang bisa mempermanis ruangan seperti pot bunga dari rotan.

 

2. Mempromosikan produk Indonesia melalui akun media sosial pribadi

Nah, kali ini gue sebagai kids jaman now ada gunanya nih. Setiap pakai baju apa, bisa OOTD (outfit of the day). Mau kondangan pakai batik? OOTD dulu, jangan lupa post di Insta Story, feed, Facebook, Twitter, sekalian di WhatsApp Story juga. Itu cuma salah satu cara mempromosikan produk Indonesia di media sosial, kalian juga bisa mempromosikan dengan cara-cara keren lainnya. Yuk bantu merdeka produk Indonesia dengan cara kreatif kalian! 🙂

 

3. Ajak orang terdekat untuk membeli produk Indonesia

merdeka produk Indonesia
Sepatu cantik buatan lokal. Sumber: IG @qlapa

 

Karena nyokap gue sehari-hari selalu pake batik, alhasil gue sebagai anaknya juga ikut-ikutan pake batik kalo di rumah. Selain karena nyaman, adem juga dipakenya. Ya, itu karena nyokap gue pake, jadi gue ikut-ikutan pake. Bisa juga kalian ajak orang-orang terdekat kaya orang tua, kakak, adik, keluarga lainnya, pacar, teman, teman tapi mesra, teman kantor, dan siapa aja yang dekat dengan kalian buat ikut membeli produk Indonesia.

Menurut gue, dengan 3 cara simple di atas, kita bisa turut berpartisipasi untuk membuat merdeka produk Indonesia. Kan sedih ya, masa produk lokal gak merdeka di negaranya sendiri. Dan gue bersyukur banget pas tau kalau ada satu e-commerce asal Indonesia yang jadi market place produk-produk lokal Indonesia. Nama e-commerce-nya Qlapa.com. Yes, namanya emang itu. Ada yang pernah denger?

 

merdeka produk Indonesia
Tampilan website Qlapa.com

 

Qlapa ini bukan sembarang kelapa. Dari namanya aja kita mudah inget ya guys, kalau pohon kelapa itu dari ujung daun sampai akar, semuanya berguna dan bisa dimanfaatkan. Kaya buat bikin sapu lidi, janur kuning, bungkus ketupat, santen, bahkan airnya aja seger buat diminum. Ternyata pohon kelapa ini menginspirasi Benny Fajarai buat mendirikan Qlapa.com.

Wagelaseh, Qlapa.com jadi pelopor marketplace nomor satu di Indonesia yang menjual kerajinan unik dan produk homemade Indonesia langsung dari pembuatnya. Nah, ini nih, akhirnya gue bisa nemu satu bentuk e-commerce yang keren banget, yang punya tujuan mulia buat ngebantu pengerajin lokal, dengan begini kan usaha buat merdeka produk Indonesia jadi lebih mudah. Apa lagi didukung dengan promo GRATIS ongkir selamanya. Bikin gue bawaannya mau belanja terus nih 😀

 

merdeka produk Indonesia
Promo Qlapa.com

 

Menariknya, Qlapa.com ini juga bisa ngebantu kalian buat menemukan produk-produk bernilai untuk berbagai hal seperti hadiah, koleksi, dan lifestyle. Bisa jadi opsi buat kalian yang mau cari produk-produk homemade unik dari pengrajin lokal. Dan jangan khawatir karena semua produk handmade pilihan yang dijual di sana sudah dikurasi secara maksimal 🙂

Yuk bantu merdeka produk Indonesia. Selamat belanja, jangan lupa cerita!

 



14 thoughts on “Rahasia! Ini 3 Cara Jitu Bikin Merdeka Produk Indonesia”

  • Setuju tuh sama pernyataan di atas, produsen kita nggak kalah keren sebenarnya, cuma kadang masih belum kenal pemasaran online.

    Keren banget Qlapa yang dah bantu memajukan produk lokal, mang harusnya jadi raja di negeri sendiri, jangan cuma orang luar aja yang bisa mengapresiasi karya anak bangsa sendiri.

  • produk hasil dalam negeri bagus2 dan juga etnik, ya cuma itu kadang kalah bersaing bangetd ari packaging dan harga, entah kenapa produk luar yang masuk ke Indonesia bisa lebih murah harganya dengan jenis yang sama

  • Pernah lihat sponsor post di IG tentang Qlapa kirain jual produk kerajinan dari kelapa ternyata wadah buat produk lokal Indonesia.
    Sayang banget ya produksi kerajinan eceng gondok sudah nggak ada lagi, padahal di Bali lagi musim tas dari eceng gondok gitu.
    Negara Tiongkok tuh hebat banget udah bisa produksi apa aja sampai barangnya dimunati dunia dan harganya pun bersaing, maka dari itu produk lokal kalah minat. Sedih juga ya.

    • Iya mbak Intan, kupikir juga tadinya Qlapa tuh jualan barang-barang yang terbuat dari kelapa ternyata bukan cuma itu aja 😀

      Sayang banget emang, sekarang mantan bosku usaha cafe di Yogja, tapi tetep barang2 dan desain cafe-nya tradisional dan Indonesia banget.
      Kadang sedih, pemasaran produk lokal masih kurang jadi cuma sedikit orang aja yang tau 🙁

  • Di beberapa kesempatan, saya pernah berkunjung ke tempat pembuatan tas warga di salah satu kampung. Hasilnya keren dan harganya berkisar 400ribuan. Kalau dilihat dengan perjuangan (proses) pembuatannya memang sesuai.

    • Nah, itu mas, kadang buat orang kita, strandar harga produk lokal di 400rb cukup mahal.
      makanya mereka beralih ke produk lainnya. bisa jadi itu juga karena mereka gak tau proses pembuatannya, bahannya, dll jadi cari yg murah2 aja 🙁

      jadi kepikiran, padahal akan lebih menarik kalau ada video singkat pembuatan produknya ya.
      selain bisa kasih info ke pembeli, si pembeli juga akhirnya bisa tau kalau tas itu dibuat dengan proses yang gak instan.

      videonya bisa di upload ke ig atau youtube, jadi masuk ke ranah online juga.
      bisa jadi malah banyak orang yg tau soal tas ini, tertarik dan membelinya 🙂

  • Saya pecinta produk lokal. Entah mengapa saya cuma bisa ketawa melihat teman-teman yang sering sebut merek produk luar. Parfum luar, kaos luar, tas luar, dll. Padahal produk Indonesia sendiri bagus-bagus dan juga berkualitas. Apakah ini yang namanya kita dijajah sama ketidaktahuan? Entahlah. Yang jelas, saya pecinta produk lokal dan selalu bangga memakainya!

    • Tos! Terima kasih buat kecintaannya dengan produk Indonesia ya Mba.
      Semoga cintanya gak putus dan rasa bangganya semakin menjadi, biar nular sama teman-teman yg lain 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Button