Jajanan Khas Bandung yang Juara Rasanya, Dijamin Bikin Goyang Lidah!

Jajanan Khas Bandung yang Juara Rasanya, Dijamin Bikin Goyang Lidah!

Bandung gak cuma dikenal sebagai kota wisata aja nih, tapi juga sebagai surga kuliner buat gue yang doyan makan. Bahkan, hampir semua kuliner kota kembang ini juara rasanya! Selain bikin kenyang, jajanan khas Bandung juga punya harga yang sangat bersahabat alias gak bikin kantong bolong. Penasaran? Coba deh intip ulasan gue berikut ini!

Wajit Cililin

Ada yang udah pernah coba Wajit Cililin? Itu lho, makanan yang terbuat dari beras ketan, kelapa, dan gula aren yang dimasak, terus pake vanili secukupnya supaya lebih wangi. Kalo liat sekilas, jajanan khas Bandung yang satu ini mirip sama dodol, teksturnya lengket dan rasanya manis kaya aku. Uniknya lagi, Wajit Cililin itu bentuknya mengerucut, dibungkus cantik pakai kulit jagung kering.

Basreng

Jajanan khas Bandung yang ke-2 itu, Basreng! Basreng alias Baso Goreng ini teksturnya keras, rasanya renyah dan gurih. Gue kalo ada Basreng di rumah, bisa abis dicemilin sambil nonton TV 😂 Biasanya basreng terbuat dari ikan tenggiri yang digoreng terus dibumbuin. Eits, kalo ke Bandung jangan lupa beli Basreng buat oleh-oleh ya! Di pasar, biasanya kalian akan nemuin Basreng rasa pedes dan asin.

Seblak

Seblak di Bandung, jajanan khas Bandung
Seblak di Bandung. Sumber: IG @gedeinperut

Siapa coba yang gak suka Seblak? Sok mangga bilang! Gue sendiri aja demen banget sama kombinasi kerupuk yang direbus terus dikasih sambel dan topping menarik ini. Selain pedes, Seblak punya banyak rasa, ada rasa asin, manis, juga gurih. Penasaran sama rasanya? Yuk cek restoran Bandung di Traveloka! Dijamin kalian bakal ditawarin Seblak enak yang harganya gak bikin kantong bolong.

Intip wisata murah di Bandung yang bisa kamu coba buat liburan weekend ini!

Lumpia Basah

Lumpia Basah Bandung, jajanan di Bandung
Lumpia Basah Bandung. Sumber: stefannydiaries.blogspot.com

Lumpia basah asal Bandung ini dibuat dengan tumisan bawang-bawangan, telur, tauge, bengkoang, dan cabe rawit yang sebelumnya telah direndam dengan gula merah. Setelah masak, isi tumisan kemudian dibungkus pake kulit lumpia kering. Jajanan khas Bandung ini dimakan dengan memakai sumpit bambu. Nah, buat kalian yang doyan pedes? Udah wajibnya buat makan Lumpia Basah pake cabe rawit! Hihi ati-ati mules ya.

Piscok

Piscok Bandung, jajanan khas Bandung
Piscok Bandung. Sumber: abowlofclover.com

Piscok alias Pisang Cokelat jadi jajanan khas Bandung berikutnya. Soal harga, jangan ditanya! Piscok itu murah meriah banget. Asli. Rasanya juga mantap betul! Karena pisang yang udah ditutupi kulit lumpia ini digoreng terus dilumuri cokelat tebal. Pas digigit itu, cokelatnya lumer di mulut. Duh, gue aja ngetik sambil ngiler 🤤

Cimol

Cimol Bandung, jajanan khas Bandung
Cimol Bandung. Sumber: kuliner.panduanwisata.id

Cimol jadi jajanan khas Bandung berikutnya yang terbuat dari tepung kanji, terus dibikin bulet dan pas digoreng pake menggunakan minyak panas, cimolnya langsung ngembang. Mirip basreng, cimol ini paling mantep dipakein bumbu kering, seperti bumbu rasa pedes, bumbu rasa balado sampe bumbu rasa asin.

Colenak

Colenak Bandung, jajanan khas Bandung
Colenak Bandung. Sumber: kulinertutorial.blogspot.com

Jajanan khas Bandung yang terakhir, apa lagi kalo bukan Colenak! Psstt.. Colenak itu singkatan dari Cocol Enak! Hihi. Tau gak sih guys? Makanan yang satu ini udah dikenal dari tahun 1930-an lho. Jadi Colenak itu berbahan dasar peuyeum yang telah dibakar, terus disiram gula merah dan dikasih parutan kelapa di atasnya. Kamu mau coba makan Colenak sama aku?

Coba Baca Dulu Hotel Instagrammable di Bandung Buat Nginep Cantik Sekalian Foto-Foto

Lotek

Lotek Bandung, jajanan khas Bandung
Lotek Bandung. Sumber: IG @hlz_is

Kalian tau pecel kan? Nah, pecel ini kembarannya Lotek. Lotek terdiri dari
sayuran yang udah direbus, disiram dengan bumbu kacang. Kadang ada juga yang ditambah tempe biar makin kenyang. Jajanan khas Bandung ini paling lengkap dimakan pake nasi atau lontong, terus di atasnya ditaburin bawang goreng dan kerupuk. Jangan sampe kalian ke Bandung tapi enggak makan Lotek ya!

Nah itu dia 8 jajanan khas Bandung yang wajib banget kalian cobain! Dijamin rasanya juara, bikin goyang lidah dan pastinya gak bikin kantong bolong maklum freelancer jadi cari makanan makanan enak tapi murah. Kuylah langsung cari restoran Bandung di Traveloka! Eits, di Traveloka gak cuma ada rekomendasi restoran di Bandung aja guys tapi ada banyak rekomendasi restoran di daerah lainnya. Tunggu apa lagi nih? Download sekarang juga!

Selamat makan dan jalan-jalan, jangan lupa cerita! 😙



44 thoughts on “Jajanan Khas Bandung yang Juara Rasanya, Dijamin Bikin Goyang Lidah!”

  • aku kangen sama cimol, di jogja ga ada cimol
    secara aku dari sd sampe sma di jawa barat, jadi lidahnya masih sana..
    klo cimol d jogja sebenernya juga ada tapi sayangnya agak manis, padahal yg jual juga org jawa barat.. hehe

    • kalo kangen, temuin balik mas :p
      mampirlah ke Bandung, Bandung udah kangen itu hihi
      citarasa makanan Jogja memang khas ya, selalu ada manis di sana.
      karena baca komen kamu mas, saya jadi kangen ke Jogja malah haha

  • Aku percaya loh, kaaak ..
    Kalau kak Liana memanglah semanis wajit cililin , wwwlkk e😁 ..
    Lebih manis malahan .., eh# 😆

    Dulu aku di Bandung sempat heran lihat ada tulisan menu lotek …, kupikir beda ngga kira-kira seperti lotek di Jawa-Tengah.
    Baik macam sayurmya atau juga bumbunya.
    Setelah pesan, ternyata memang samaan keduanya 😁

    Ternostalgyaaa kampung halamanlah saiaaaaa …., hahahaha

    • wahahah, terima kasih mas Himawan 😀
      saya jadi malu *tutupin muka pake kantong plastik transmart hihi

      haha iya mas, sama aja toh.
      suka lotek?
      ibu suka bikin lotek di rumah, duh saya demen juga itu hihi

      kapan ada waktu, mampir lagi ya mas ke Bandung 🙂

      • Hahhaa ..
        Ya ampuuun, kak ..
        Jangan ditutupin wajah manisnya kak Liana pakai kantong plastik transparant gitu napaaaa … 😁
        Ntar bedaknya luntur, looooh ..
        Wwwkkk 😅

        Siap, kak.
        Ntar kapan kalau waktunya memungkinkan, aku jalan-jalan lagi ke Bandung.
        Kangen CiWalk, euuuyyy .. 😉

        Entah kenapa aku suka banget sama penataan malnya.
        Ketje gitu …, ada selasar penghubung outdoor tempat pilihan kuliner seabrek.

        • haha bisa aja emang ini mas Hima ya! haha

          kuylah, Bandung mas di libur lebaran besok!
          nanti stok foto dan tulisan kamu langsung numpuk pasti hihi
          apa lagi kalo ke CiWalk nanti, bisa banyak stok foto kece sampe bisa banyak kumpulin bahan tulisan tentang kuliner di sana 😀

  • wah kelihatan nikmat nih makanan khas bandung ini, untung saja saya baca nya pas malam hari, mungkin kalau pas siang hari bisa menggoda iman saya hehehe 😀
    jadi pengen mencicipi seblak nih kak, soalnya banyak banget teman ane yang kasih testimoni tentang seblak ini 😉

    • iya, bisa berabe ya kalo bacanya siang menjelang sore.
      malah seblak mantep banget kalo minumnya sama es teh manis kak Zunif :p

      kapan ada waktu, mampir ke Bandung ya.
      nanti cobain seblak, bungkus kalo bisa. bawa pulang 😀

      • pernah beberapa kali berkunjung ke kota bandung saya kak, baru sempat mencicipi bubur ayam disana, dan rasanya gurih banget 😀 kebetulan ada keponakan yang tinggal di bandung dekat wisata tangkuban parahu, bisa juga nih pas mampir kesana buat nyicipi seblak ini ya, soalnya terkenal banget di google ini seblak 😀

        • wah, enak dong kak bisa ngepas gitu hihi
          jadi nanti bisa kulineran, sekalian ketemu sodara ya 🙂

          kapan nih mau ke Bandung?
          selamat jalan-jalan ya, jangan lupa cerita!

  • bener bangeeett.. bandung tuu surganya kulineran..
    dari makanan-makanan yg disebutkan diatas.. aku udah pernah nyoba semuaa dongg.. hehe
    favorit bnget sama cimol dan seblaknya..

  • Kebetulan gue lagi dines dibandung nih.. Hahaha.. Gue dah cobain semua yang di list kecuali wajit cililin. Agak ragu mau icip karena ga terlalu suka makanan manis, apalagi katanya mirip dodol, gue ga doyan dodol hahaha. Tapi ga nyobain penasaran juga.

    • buruan coba mas!
      nanti keingetan terus lho kalo udah balik 😀 haha
      rasa gak beda jauh sama dodol. etapi beda orang beda rasa. hmm, maksudnya beda makanan beda rasa haha

    • ayo kak Vika coba seblak Bandung yang rasanya super mantap!

      gak selalu ada cekernya kak Vika, tapi kalo kamu mau, sangat mudah menemukan seblak ceker di sini 🙂

  • Halo Lianaaa!
    duh lama gak ke sini, lama juga gak kontak2an. sehat2 selalu ya Li..

    dan saya nyesal buka postingan ini pas siang-siang hari puasa! hahaha godaan banget.
    but anyway, itu seblak pakai ceker ayam? hiyyy koq seram ya? hahaha

    • holaaaa daeng, panutanku!
      sudah lama sekali ya kita gak berkomunikasi. Puji Tuhan sehat daeng, aku harap daeng dan keluargapun demikian 🙂
      daeng sudah pulang dari Papua?

      haha maafkan share link pas jaman puasa. sekarang udah nda puasa daeng jadi nanti bisa coba seblak ya!
      daeng gak suka ceker? kalo di Bandung, seblak pake ceker itu biasa daeng, mantul. nanti dicoba ya!

  • Bandung itu kayanya emang surganya makanan enak. kalo ke Bandung ya kulieran. ngebayangin surabi, tahu baso, colenak,piscok,,, omg bikin ngiler

    • iya pake banget, kalo ngomongin kulinernya Bandung engga bakal ada abisnya ya kak 🙂

      kapan dong nih main-main ke Bandung lagi? siapa tau bisa kulineran barang ya hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Button