Explore Makassar: Dari Bantaeng Sampai Bulukumba [PART 1]

Explore Makassar: Dari Bantaeng Sampai Bulukumba [PART 1]

Hai, apa kabar?

Mungkin Kalian lagi baca tulisan gue di perjalanan pulang kerja, pas lagi terjebak macet di Ibu Kota, buang waktu karena belum bisa tidur, iseng-iseng mau sebar backlink supaya traffic ke blog naik atau mungkin Kalian lagi nahan-nahan perasaan terhadap seseorang 😂

Terserah Kalian lagi ngapain dan mau apa, yang jelas sekarang gue mau cerita tentang liburan singkat gue sama temen baru buat Explore Makassar. Namanya Dendy, selebgram asal Padang. Kalo ada waktu bisa mampir ke blog-nya juga di dibaratdaya.com dan follow IG nya di @baratdaya_.

Judulnya liburan singkat, iya cuma 5 hari.

Katanya Dendy sih itu singkat tapi buat gue lumayan lama. Lama banget. Hal bodoh yang gue lakuin adalah gue berangkat ketika cuti gue udah abis. Cuti yang gue save setaun belakangan selain gue pake buat extend liburan kalo ada kerjaan di luar kota, juga gue abisin buat ngurus skripsi gue kemarin.

 

Hari pertama & ke-2

Okay, kami berangkat hari Rabu tanggal 8 Nov dan pulang hari Minggu di tanggal 12 Nov naik Citilink dari Bandara Soekarno Hatta. Berdasarkan pengalaman-pengalaman gue sebelumnya yang pernah ketinggalan pesawat, jadi gue agak well prepared nih buat keberangkatan kali ini. Gue udah web check in 1 hari sebelumnya. Ini kemajuan parah!

Gue berangkat dari kosan naik Uber ke Stasiun Gambir, lanjut naik Damri ke bandara yang cuma Rp40.000 dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit. Untung gak macet, jadi gue sampe bandara dengan engga terburu-buru dan masih bisa print boarding pass pake mesin self check in di depan terminal 1C tanpa harus ngantri di counter check in. Btw gue baru tau di sana udah ada mesin print boarding pass.

Pesawat kami take off pk 08.35, penerbangan ke Makassar takes time around 2 hours 30 minutes. Sampai di sana pk 12.05 waktu Makassar. Ehiya, Makassar 1 jam lebih cepat dari Jakarta. Dan juga lebih cepat menyita perhatian gue 😌

Setelah cocokin jam, gue dan Dendy bergegas buat segera cari makan. Yeay! Cari makan murah di bandara karena kami udah laper banget. Gue makan di rumah makan yang sama pas gue sama @_pratamadhit ketinggalan pesawat dulu dan dengan menu yang sama juga. Mungkin ini yang disebut dengan nostalgia.

Explore Makassar

Yeay! Sampe di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Itu Dendy tuh!

Selesai makan, dari bandara kami berbegas ke hotel yang udah di-booking dari Airy Room. Nama hotelnya Grand Cendrawasih terletak di Jl. Cendrawasih No. 452 dan ternyata hotelnya jauh dari mana-mana 😅. Tapi ga apa-apa, kami dapet sewa dengan murah di sana sekitar 100 Rb/ malam dan hotelnya memang bagus dan fasilitasnya OK.

So, di hari pertama dan hari kedua, boro-boro bisa Explore Makassar karena kerjaan gue dan Dendy cuma staycation dan kulineran aja. Mulai dari makan Coto Gagak, makan Pisang Epe di area Pantai Losari, di sana juga sekalian ketemu Uniel, Fatur dan Dian, semua temen-temen Dendy. Sampe makan Pallubasa Serigala yang super enak. Btw Den, lo sampe sekarang belom bayar kerupuk dan emping di sana ya! HAHA

Explore Makassar

Coto Makassar

Explore Makassar

Pallubasa Serigala

Explore Makassar

Soto ayam di Makassar

Hari ke-2 ini gue bener-bener mikir mau kemana 3 hari ke depan, kan sayang kalo gitu-gitu aja sementara gue udah unpaid kerja 3 hari! Setelah gue bergumul berat sama jiwa gue yang maunya ke Toraja cuma apa daya uangnya gak cukup, akhirnya kami memutuskan buat ikut acaranya Instameet Celebes yang dibikin temen-temen @instamakassar. So, kami putusin buat ikut acara itu selama 3 hari ke depan dari tgl 10 – 12 Nov 2017 dengan rute perjalanan dari Bantaeng ke Bulukumba.

Dan dari sinilah keseruan itu dimulai!

 

Mampir juga ke cerita gue waktu main ke Semarang Gallery

 

Hari ke-3

Jumat, 10 Nov 2017 di Project Café.

Gue lupa info, kalo di malam ke dua, kami pindah ke Grand City Inn Hotel di daerah Panakkukang dan cuma 10 menit aja ke Project Café, tempat meeting point bareng peserta lainnya buat explore Makassar.

Siang itu, sebelum jam 12 siang, gue dan Dendy sampe di lokasi. Masih sepi, cuma ada beberapa orang yang belum gue kenal. Ada 2 orang yang pertama kali kenalan, namanya Kak Ming dan Mbak Fitri asal Surabaya.

Setelah kenalan, akhirnya kami disambut ramah oleh panitia yang udah ada di sana. Ada beberapa wajah, cuma gue lupa namanya pas kenalan pertama. Gak lama dateng Dian dan Uniel, terus kami banyak ngobrol-ngobrol selagi nunggu para lelaki Sholat Jumat.

Dan jam 2 teng, perjalanan kami menuju Bantaeng dimulai.

Kami menempuh waktu sekitar 4-5 jam dari Makassar ke Bantaeng naik bus. Waktu itu yang berangkat 1 bus medium ukuran 24-27 orang plus 2 mobil pribadi.

Sampe Bantaeng, kami ngopi, makan malem sama-sama dan baru dimulailah perkenalan peserta.

Foto bersama anak-anak @instamakassar. Ada yang tau gue sebelah mana?

Explore Makassar

2 orang paling depan sebelah kanan, itu Mbak Fitri sama kak Ming

“Ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang” Kata moderator yang membuka acara, namanya kak Ai.

Dan itu kali pertama gue lihat kak Ai.

Dalam hati gue nih ya, ini orang kalimat pembukanya mirip sama kalimat pembuka gue kalo bawa tour jangan-jangan dia tour leader juga 😂

Explore Makassar

Cie ada gue dan Dendy di insta story-nya @instamakassar

Akhirnya kami kenalan 1 per 1, sebutin nama, asal dan nama instagramnya. Eh, ternyata kebanyakan yang ikut emang orang Makassar tapi ada 4 orang dari luar Makassar, ada gue dari Bogor, Dendy dari Depok, Kak Ming dan Mbak Fitri dari Surabaya.

Walau hari pertama explore Makassar dengan anak-anak @instamakassar cuma dihabiskan di jalan tapi seenggaknya kami sudah saling kenal. Sampe hotel agak malem, gue keramas, beres-beres dan tepar dan gue tidur hampir pagi, sekitar jam 1an.

Btw guys, artikel ini gue bagi jadi 2 part saking antusiasnya gue cerita tentang explore Makassar. Nantikan cerita hari ke-2 dan ke-3 di acara Instameet Celebes! Bakal gue post ASAP dan siap-siap dengan foto-foto tempat instagramable Makassar.

Selamat jalan-jalan, jangan lupa cerita!

Intip juga artikel gue waktu melimpir ke rumah Oei Tiong Ham!

 



20 thoughts on “Explore Makassar: Dari Bantaeng Sampai Bulukumba [PART 1]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Button